Senin, 06 Maret 2017


Buku ini ditulis oleh Tan Malaka saat berada di Kanton, Cina 1925, tiga tahun sebelum sumpah pemuda. Bagi saya memang harus membaca dengan semangat agar bisa paham, bila perlu dibaca berulang. Kita akan sedikit mendapat gambaran mengenai usaha dan strategi pemikiran Tan Malaka untuk mencapai Repubik Indonesia.

Secara sekilas, pengantar dari Kholid O. Santosa bisa memberikan kita sedikit gambaran mengenai pemikiran Tan Malaka. Pada prinsipnya, perjuangan yang tertuang dalam pemikiran-pemikiran di buku ini terpusat untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Namun, untuk mencapai kemerdekaan tersebut, ia menginginkan adanya perombakan besar pada beberapa bidang kehidupan masyarakat, baik politik, sosial, ekonomi, maupun budaya.

Tan Malaka berkeyakinan bahwa pasca pemerintahan kolonial Hindia Belanda dan setelah diraihnya kemerdekaan, bentuk pemerintahan Indonesia yang tepat adalah Republik. Namun, bentuk Republik sebagaimana pemikiran Tan Malaka ini tidak seperti bentuk Republik yang menganut sistem Trias Politika. Akan tetapi, negara Republik harus dikelola oleh sebuah organisasi.


Donwload Full Ebook Klik Link Di Bawah Ini :
https://drive.google.com/file/d/0B7LodlTvyosETTVuVUlhOERFdTQ/view


EmoticonEmoticon