Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk membuat terrain atau arena permainan. Terrain dapat dibuat dengan menggunakan fitur terrain tool di unity untuk membuat gunung, lembah, dsb. Tapi taukah anda jika terrain di unity ternyata dapat juga dibuat dengan menggunakan photoshop? Lebih hebatnya lagi bisa buat generate terrain otomatis loh... Tapi meskipun otomatis hasilnya dijamin gak main-main. Lihat saja contohnya di bawah
Pada dasarnya sebuah terrain memang dapat dibuat denggan menggunakan .raw image, yaitu image yang berisi informasi heightmap atau kalo saya terjemahkan adalah peta ketinggian. Pada peta ketinggian suatu tempat digambarkan dengan warna-warna tertentu, biasanya hitam dan putih atau warna lain dengan intensitas gelap / terang yang berbeda. Pada umumnya semakin putih suatu daerah pada heightmap maka daerah tersebut semakin tinggi, semakin hitam maka semakin rendah. Terus darimana kita mendapatkan heightmap? Heightmap dapat diperoleh lewat citra satelit, atau dari peta-peta yang beredar di pasaran. Informasi selengkapnya tentang heightmap dapat dilihat disini.
Nah pada artikel kali ini berhubung judulnya "Men-Generate Terrain Otomatis" maka yang akan saya lakukan adalah membuat heightmap ini secara otomatis menggunakan software Adobe Photoshop, bukan mengambil dari peta maupun citra satelit. Lho kok bisa? Ok... Kita ikuti saja tutorial step by stepnya :
Nah pada artikel kali ini berhubung judulnya "Men-Generate Terrain Otomatis" maka yang akan saya lakukan adalah membuat heightmap ini secara otomatis menggunakan software Adobe Photoshop, bukan mengambil dari peta maupun citra satelit. Lho kok bisa? Ok... Kita ikuti saja tutorial step by stepnya :
Langkah pertama buka Adobe Photoshop dan buat project baru. Pada umumnya sebuah heightmap dibuat dengan resolusi (2 ^ n) + 1, dengan nilai n terserah. Contoh : 65, 129, 257, 513, 1025, dll
Jika project sudah dibuat set background dan foreground menjadi putih dan hitam
Sekarang kita buat heightmapnya dengan efek cloud. Klik Filter >> Render >> Clouds
Maka jadinya akan seperti ini
Gambar diatas jika langsung kita jadikan terrain hasilnya akan kasar dan kurang mantap sebagai terrain. Jadi perlu kita lakukan enhancement dulu pada heightmap kita. Klik Filter >> Render >> Difference Clouds. Dan hasilnya akan seperti pada gambar di bawah
Heightmap diatas jika diimplementasikan juga masih sangat kasar, akan banyak tebing-tebing di sekeliling jalan. Untuk itu kita perlu untuk melandaikannya dengan menggunakan Blur. Klik Filter >> Blur >> Gaussian Blur. dan atur seberapa landai terrain Anda. Semakin tinggi nilai blur maka terrain akan semakin datar, dengan sedikit tebing curam.
Dan berikut adalah hasil heightmap yang sudah di blur. Tebing-tebing menjadi lebih landai seperti gunung-gunung
Jika sudah, karena pada heightmap yang dibutuhkan hanya hitam dan putih maka remove semua channel warna. Sisakan hanya satu channel saja.
Kemudian simpan menjadi raw image dalam format .raw
Kemudian kita masuk deh ke Unity. Kita buat terrain seperti biasa, kemudian select terrain, dan import heightmap
Tunggu proses loading selesai, maka jadinya seperti ini deh...
Sedikit kita poles dengan memberi warna dan cahaya directional light... Nah jadi kan.. Terrain kita yang kita buat heightmapnya menggunakan adobe photoshop.
Untuk menghaluskan terrain kita juga dapat menghaluskan hasilnya dengan tools dibawah
Nah tinggal tambahkan vegetasi deh. Nambahnya vegetasi bisa otomatis juga loh, pakai saja tool Terrain >> Mass Place Trees
Naaah... Jadinya seperti ini nih....
Nah... Keren bukan... Sangat cocok untuk yang pengen bikin terrain cepet-cepet'an dan tanpa ribet. Emang sih tutorialnya rada panjang, tapi kalo dipraktekin akan jauh lebih cepet kok daripada bikin terrain dengan cara biasa. Tapi cara ini gak cocok lho untuk bikin terrain yang bener-bener perfect. Untuk projectnya akan saya upload di bawah.
Mungkin sekian sedikit ilmu yang dapat saya sampaikan. Jika ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jangan lupa tinggalkan jejak dengan berkomentar yaaa.... Ok.. Sekian dulu dari saya.. Tetap semangat dan terus berkarya ^_^
DOWNLOAD CONTOH PSD HEIGHTMAP
DOWNLOAD PROJECT (MENYUSUL)
Sedikit kita poles dengan memberi warna dan cahaya directional light... Nah jadi kan.. Terrain kita yang kita buat heightmapnya menggunakan adobe photoshop.
Untuk menghaluskan terrain kita juga dapat menghaluskan hasilnya dengan tools dibawah
Nah tinggal tambahkan vegetasi deh. Nambahnya vegetasi bisa otomatis juga loh, pakai saja tool Terrain >> Mass Place Trees
Naaah... Jadinya seperti ini nih....
Nah... Keren bukan... Sangat cocok untuk yang pengen bikin terrain cepet-cepet'an dan tanpa ribet. Emang sih tutorialnya rada panjang, tapi kalo dipraktekin akan jauh lebih cepet kok daripada bikin terrain dengan cara biasa. Tapi cara ini gak cocok lho untuk bikin terrain yang bener-bener perfect. Untuk projectnya akan saya upload di bawah.
Mungkin sekian sedikit ilmu yang dapat saya sampaikan. Jika ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jangan lupa tinggalkan jejak dengan berkomentar yaaa.... Ok.. Sekian dulu dari saya.. Tetap semangat dan terus berkarya ^_^
DOWNLOAD CONTOH PSD HEIGHTMAP
DOWNLOAD PROJECT (MENYUSUL)
EmoticonEmoticon