Senin, 30 September 2013

photo by ayu ovira 2013

Kain laminasi atau laminating fabric ataupun waterproof fabric adalah kain yang memiliki lapisan licin seperti plastik yang tidak tembus air. Cocok untuk berbagai kreasi seperti lunch bag, beach tote, wet bag, travel pouch, handbag, raincoat, tirai dan lain sebagainya. Selain bisa membeli jenis kain seperti ini, kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Jenis kainnya bisa kita pilih sendiri, begitu juga dengan ukurannya sesuai keinginan kita.

Plastik laminasi ini berbahan PVC, sejenis plastik yang khusus untuk melaminasi kain. Sisi bagian atasnya licin dan bagian bawahnya kesat mengandung perekat yang akan lengket dengan permukaan kainnya. Cara merekatkannya dengan kain adalah dengan cara disetrika.

Siapkan kain yang akan dilaminasi. Beberapa kain yang bisa dilaminasi contohnya seperti kain katun, linen, atau canvas. Di sini saya contohkan dengan menggunakan kain katun biasa. 

Setrika terlebih dahulu kain yang akan dilaminasi, jangan sampai ada lipatan atau kusut. karena saat dilaminasi nanti akan menyebabkan gelembung udara kalau kainnya kusut.

Letakkan plastik laminasi dengan bagian lapisan yang kesat (mengandung perekat) menghadap permukaan kain. jangan sampai terbalik.

Siapkan setrika dengan panas maksimal (sekitar 140 derajat). Jangan langsung disetrika di atas plastik laminasinya ya.... gunakan lapisan kain lain di atasnya. Saya menggunakan kain belacu yang tidak terpakai. Lalu gosok perlahan, sampai plastik laminasi melekat sempurna di kain.

Kain akan terasa kaku dan keras seperti plastik. 

Kupas lapisan atas plastik laminasinya, maka akan tertinggal lapisan laminasi matte yang menyatu dengan kainnya dan tidak terlalu kaku. Gampang kalau mau dijahit.

Sudah jadi...., kain laminasi siap dikreasikan ^_^

photo by ayu ovira 2013
ini contoh kreasi yang saya buat dari kain laminasi tadi, sebuah boxy pouch. Saya tidak menggunakan lining apapun, cuma kain laminasi tadi itu saja.

mau laminasi kainmu sendiri...? mampir di FB shopnya craftalova yaa... untuk saat ini pemesanan harus pre order dulu, ga nyetok. :) klik di sini : adhesive coating film


EmoticonEmoticon