Rabu, 12 Juni 2013

google menulis ulang title tag
Mungkin buat Agan dan Sista yang levelnya udah setingkat webmaster handal, perihal mengenai Google yang menulis ulang Titile Tag sebuah blog atau web, udah diketahui sejak lama. Cuma buat ane dan mungkin beberapa temen-temen lain yang masih 'newbie', hal tersebut justru baru banget kita denger :$ 
Artikel perihal kebiasaan baru Google yang menulis ulang Title Tag ini sebenarnya merupakan jawaban pertanyaan dari salah satu mastah pemilik Direktori Weblog Indonesia yang menanyakan "Kenapa Judul Blog Saya Selalu Berubah-Ubah?" via email beberapa waktu lalu dan Alhamdulillah baru sempet ane buat postingan yang merupakan jawaban atas pertanyaan tersebut diatas.

Dari situ, ane mencoba cari tau dengan mengetikan URL dari Direktori Weblog Indonesia. Dan, ternyata bener, Gan! 2 hari lalu, di hasil pencarian Google, Direktori Weblog Indonesia di tampilin seperti gambar dibawah ini nih. Dan tampilan hasil pencarian dibawah ini adalah sesuai dengan judul atau title yang digunakakan Direktori Weblog Indonesia, yaitu Free Submit URL.
title tag2
Sedangkan pada hasil pencarian hari ini, judul atau title blog yang sebenarnya adalah "Free Submit URL" berubah dan berpindah kebelakang, sehingga yang didepan menjadi Direktori Weblog Indonesia, seperti nampak dibawah ini, Gan!
title tag
Kelihatan kan ada yang berbeda dari 2 Title Tag yang ane tampilin diatas? :z

Nah, selidik punya selidik, ternyata perihal kebiasaan baru Google menulis ulang Title Tag tersebut juga rame banget dibahas di forum-forum dan blog luar sana, Gan! Beberapa kesimpulan dari blog-blog luar yang berhasil ane kutip bisa Agan dan Sista lihat dibawah ini.

alasan google merubah title tag

alasan google merubah title tag


Dan ini penjelasan resminya dari Google :


Dari keterangan diatas, yang bisa ane secara pribadi simpulkan atas fenomena sering berubahnya judul atau title dari Direktori Weblog Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Sepertinya Google lebih menyukai (merekomendasikan) kalimat "Direktori Weblog Indonesia" di dahulukan (dikedepankan) ketimbangkan kalimat "Free Submit URL" :t
  2. Sepertinya Google memberikan atensi lebih kepada Direktori Weblog Indonesia dengan cara menulis ulang Title Tag-nya dengan harapan pemilik Direktori Weblog Indonesia cepat tanggap terhadap rekomendasi yang di berikan Google kepada Blognya tersebut. Hanya blog-blog tertentu saja yang bakal mengalami hal ini. Dengan kata lain Google ingin membantu mengantarkan pengunjung agar benar-benar sampai ke situs Direktori Weblog Indonesia, mengingat di banyak query/keyword seperti 'Direktori Blog', 'Direktori Blogspot', 'Direktori Weblog', 'Direktori Web' dan sebagainya, blog tersebut selalu unggul dan tampil di halaman pertama. :@
Segitu dulu hasil inverstigasi ane :p . Mungkin ada Agan dan Sista yang mau nambahin silahkan aja di tulis di kotak komentar dibawah ini. 

Semoga bermanfaat _____ :d  (lagi..)


EmoticonEmoticon